Home

Sabtu, 20 Maret 2010

9 (2009)


Satu film animasi lagi hadir mencoba menjadi tontonan wajib. Judul film tersebut singkat saja, 9, yang menceritakan sebuah perjuangan boneka kain melawan mesin. Kedudukan manusia sebagai penghuni bumi telah punah dan diambil alih oleh mesin yang menjadi penguasa dunia. Para mesin itu mencari para boneka kain untuk dimusnahkan. Saat boneka kain yang bernama 9 itu sedang mencari persembunyian, ia bertemu dengan kelompok boneka kain lainnya yang dipimpin oleh 1. Merasa bernasib sama, akhirnya 9 memutuskan untuk memimpin kelompok boneka yang terdiri dari 2 si veteran perang, 3 si penemu, 4 si boneka kembar, si insinyur 5, si seniman 6, dan 7 si pejuang hebat. Dibawah pimpinan 9, mereka berjuang untuk melawan para mesin penghancur tersebut.

Film ini sebenarnya sebuah film pendek berdurasi 11 menit yang dibuat oleh Shane Acker untuk tugas akhirnya ketika kuliah di UCLA. Ternyata produser ternama yang terkenal lewat film-film dongeng, Tim Burton tertarik dengan film tersebut untuk mengubahnya menjadi film panjang, lantaran juga karena film pendek tersebut sempat menjadi nominasi Best Animated Short Oscar pada 2005.

Tidak tanggung-tanggung untuk pengisian suara dalam pada masing-masing karakter ditampilkan para aktor dunia. Sebut saja seperti 9 yang diisi oleh Elijah Wood, 1 oleh Christopher Plummer, 2 oleh Martin Landau, 5 oleh John C. Reilly, 6 oleh Crispin Glover, 7 oleh Jennifer Connelly, dan 8 oleh Fred Tatasciore.

Elijah Wood sebagai pemimpin dalam cerita tersebut pun menjadikan film yang didistribusikan oleh Focus Features ini sebagai film yang menyenangkan. Pasalnya dirinya tidak perlu melakukan berbagai adegan yang melelahkan seperti film-film yang pernah ia mainkan. Ia cukup duduk manis dengan sebuah mic didepannya sambil membaca naskah. Menurutnya karakter yang ia perankan mempunyai kesamaan dengan karakternya di film Lord of The Rings. Keduanya sama-sama sebuah karakter lugu yang tiba-tiba harus menerima tanggung jawab.

Ada yang unik dalam perilisan film berdurasi 79 menit ini. Tepatnya ditanggal 9-9-2009, sebuah tanggal yang unik film ini dirilis di USA. Dan sebagai film yang meraup US$ 23 juta hingga pekan kedua pemutarannya, film ini patut Anda nantikan kehadirannya di bioskop Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar